Kamis, 31 Mei 2012

RPP AKIDAH AKHLAK

RPP AKIDAH AKHLAK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   MIN Darul Ulum Pulaukijang
Mata Pelajaran              :   Akidah Akhlak
Kelas/Semester              :   VI / II
Materi Pokok                :   Sifat Marah
Waktu                           :   2 x 35 menit
Metode                          :   Ceramah dan demonstrasi
1.      Standar Kompetensi         :
1. Menghindari akhlak tercela
2.      Kompetensi Dasar
2. Membiasakan diri menghindari sifat marah
3.      Indikator
1.    Menjelaskan pengertian sifat marah
2.    Menyebutkan tanda-tanda orang yang sedang marah
3.    Menjauhkan diri dari sifat marah
4.        Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian sifat marah
2.    Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda orang yang sedang marah
3.    Siswa dapat menjauhkan diri dari sifat marah
F Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ,Rasa hormat dan perhatian, Tekun, dan Tanggung jawab
5.      Materi Essensial
F  Menghindari sifat marah
6.      Media Belajar
F  Buku paket akidah akhlak kelas 6
7.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan.
a.       salam
b.      basmalah
c.       Absensi
d.      Apersepsi
F  Minggu lalu kita membahas sifat tercela ria, anak-anak hari ini kita masih membahas mengenai sifat tercela, tetapi kita beralih ke sifat marah.
e.       Motivasi
F  Sifat marah harus kita jauhi, karena selain merugikan orang lain sifat marah ini dapat merugikan diri sendiri, dan allah sangat membenci sifat pemarah ini.
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Bertanya kepada siswa mengenai sejauh mana pemahaman siswa    terhadap materi yang mau di ajarkan.
&  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.    Guru
F   Menjelaskan pengertian sifat marah
F   Menyebutkan tanda-tanda orang yang sedang marah
F   Memotifasi siswa agar menjauhi sifat marah
2. siswa
F  Siswa menymak dan mendengarkan penjelasan guru tentang   pengertian sifat marah.
F  Menyebutkan kembali tanda-tanda orang yang sedang marah yang telah dijelaskan oleh guru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Penutup
o   Guru bersma siswa menyimpulkan pelajaran
o   Membaca hamdalah.
o   Mengucapkan salam.
8.       Penilaian
       Bentuk tes               :   tertulis
       Contoh instrument :
1.         jelaskan pengertian sifat marah
2.         sebutkan 3 tanda-tanda orang yang sedang marah
.
  Jawaban:
1.         marah adalah perasaan tidak senang terhadap orang lain yang tidak sependapat dengan kehendaknya
2.         a. muka dan matanya merah
b.    tangannya mengepal
c.    bibirnya bergetar
d.   mengeluarkan kata-kata kotor dan tidak sopan
e.    suka menendang dan memukul benda di sekitarnya
         Mengetahui,                                        Tembilahan, 03 Desember 2011
       Kepala sekolah                                               Guru Mata Pelajaran
        Arman wijaya                                                  Satria firmansyah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar