Selasa, 05 Juni 2012

rpp ipa kls 4 penggolongan hewan


RENCNA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                     :        MIN DARUL ULUM Pulaukijang
Mata pelajaran                   :        Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)       
Kelas                                       :        VI (EMPAT)
Semester                               :        Pertama

A.   STANDAR KOPETENSI          :     Menggolongkan Hewan
B.    KOPETENSI DASAR                :     Mengolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
C.    INDIKATOR                               :     Mengolongkan hewan-hewan pemakan tumbuhan          (hebivora ) hewan pemakan daging (karnivora) dan hewan pemakan segala  (omnivora).
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN   :     siswa dapat menggolonglan hewan-hewan pemakan tumbuhan (herbivore) hewan pemakan daging (karnivora) dan hewan pemakan segala (omnivora).
F  Karakter yang di harapkan : Disiplin, rasa hormat, tanggung jawab, perhatian    dan   ketelitian
E.    MATRI AJAR                             :     Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
HEWAN
Peta konsep
HEBIVORA
OMNIVORA
KARNIVORA
TUMBUHAN
(biji, buah,rumput dandaun)

DAGING
 












F.    METODE PEMBELAJARAN  :     Ceramah dan diskusi
G.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Kegiatan awal
F Mengucapkan salam
F Membaca basmalah
F Absensi
F Apersepsi
                Minggu lalu kita telah mempelajari hewan dan jenis makanannya, nah anak-anak hari kita akan mempelari mengenai pengolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, sesuai dengan apa yang kita pelajari minggu lalu.
F Motivasi
                Mempelajari mengenai pengolongan hewan berdasarkan jenis makanannya penting sekali, gunanya untuk menambah wawasan dan mengetahuai tentang pengolongan hewan yang ada di sekitar kita.
F Acuan
          Menuliskan judul materi yang akan dipelajari, serta menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan di capai.

2.       Kegiatan inti
F Guru  membuat peta konsep mengenai penggolongan hewan (herbivora, karnivora dan omnivora).
F Guru menjelaskan peta konsep mengenai penggolongan hewan (herbivore, karnivora dan omnivore).
F Guru membuat tiga contoh mengenai hewan (herbivore, karnivora dan omnivore) sekaligus menampilkan gambarnya.
F Guru meminta siswa untuk melakukan diskusi, dan menjelaskan cara-cara mengenai jalannya diskusi.
F Guru membagikan beberapa gambar hewan kepada setiap kelompok.
F Siswa diminta untuk mengolongkan hewan,dari gambar yang telah di bagikan guru dengan cara berdiskusi.
F Guru mengawasi serta membimbing jalannya diskusi.
F Guru meminta perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusi didepan kelas.
3.       Kegiatan akhir
F Guru bersama-sama siswa menyimpulkn pelajaran
F Guru melakukan evaluasi dengan memberikan pertanyan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari.
F Tidak lanjut (guru menyampaikan  mengenai materi yang akan di pelajari minggu depan)
F Guru bersama-sama siswa membaca hamdalah
F Guru mengucapkan salam

H.   ALAT/SUMBER/MEDIA
F Buku IPA SD Kelas empat.
F Gambar-gambar binatang
F Alat-alat pendukung proses pembelajaran

I.      PENILAIAN
F  Tehnik penilaian           :     tes
F  Bentuk                             :     tertulis
F  Contoh instrmen          :     1. Coba jelaskan mengenai pengolongan hewan         menurut jenis makanannya.
2.   Coba sebutkan contoh hewan herbivore, karnivora dan omnivore, masing-masing lima.


KUNCI JAWABAN
1.    Pengolongan hewan menurut jenis makanannya di bagi menjadi tiga bagian
a.         Hewan herbivore (pemakan tumbuhan)
b.         Hewan karnivora (pemakan daging)
c.          Hewan omnivore (pemakan tumbuhan dan hewan)
2.    Contoh hewan
a.       Herbivore : kelinci, kambing, sapi, burung pipit, merpati dll.
b.      Karnivora : harimau, singa, kucing, buaya, komodo dll
c.       Omnivore : musang, tikus, burung kutilang, burung kepodang, burung kacer dll.


     Mengetahui,                                                              Pulau Kijang, 28 April 2012
  Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran


DRs.PURNOMO SIDIK                                                      SATRIA FIRMANSYAH
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar